For Profesional

Cara Melakukan Follow Up Setelah Interview Kerja

Anda telah membuat resume yang sangat menarik dan berkesempatan untuk interview kerja. Lalu sekarang apa yang harus dilakukan?

Menindaklanjuti atau follow up setelah interview kerja menjadi hal yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan nilai lebih dibandingkan kandidat lain. Nyatanya banyak perusahaan berharap para kandidat bisa menindaklanjuti lamaran mereka setelah interview kerja. Jadi bagaimana cara efektif untuk follow up setelah interview kerja tanpa harus menjadi kandidat yang terkesan menyebalkan atau justru terlihat putus asa. Ikuti langkah-langkah untuk follow up setelah interview kerja berikut:

Kirim email diantara 24 jam

Mengirim email adalah cara paling cepat dan sederhana untuk mengatakan terima kasih kepada interviewer. Terkadang hal tersebut dianggap sebagai hal yang tidak sopan untuk menyampaikan terima kasih, karena interview atau wawancara kerja telah menjadi bagian dari pekerjaan interviewer. Pastikan Anda untuk selalu meminta kartu nama dari interviewer untuk meyakinkan bahwa Anda menuliskan nama dan email yang benar. Ingat untuk tetap profesional di email dan cek kembali untuk susunan kata dan kalimat yang benar.

Lebih baik Anda mengirim email diantara 24 jam setelah Anda melakukan wawancara untuk memberikan dampak yang lebih besar. Hal tersebut juga dapat membedakan Anda dengan kandidat yang juga melakukan wawancara dihari yang sama dengan Anda. Membangun komunikasi yang baik dengan interviwer akan membuat nama Anda mudah dikenal dan menjadikan menjadi kiat sukses interview kerja Karena Anda akan lebih menonjol dibandingkan dengan kandidat lain.

Persingkat dan Beri Kesan Indah

Tunjukan bahwa Anda memang berminat untuk berada dalam posisi yang Anda lamar tersebut. Pastikan Anda menuliskan hal yang simple saja, cukup 2-3 paragraf. Katakan juga bahwa Anda memang kandidat yang tepat untuk posisi tersebut. Anda juga bisa menjabarkan dalam email tersebut beberapa hal yang Anda lupakan pada saat wawancara kerja berlangsung.

Batasi Bentuk Komunikasi Lain

Sebaiknya Anda membatasi waktu Anda menghubungi perusahaan atau interviewer setelah interview kerja. Sebagai contoh, menelpon dapat menganggu interviewer yang mungkin sedang sibuk dengan aktivitas mereka. Anda boleh menelpon untuk memastikan status lamaran Anda jika memang batas waktu yang diberikan oleh perusahaan telah tiba.

Anda dapat berkonsultasi bersama  Team Profesional kami di Hitss.co.id.  Karena di Hitss.co.id anda dapat menemukan segala solusi masalah human resources dan karir anda. Karena di Hitss.co.id anda dapat menemukan segala solusi masalah human resources dan karir anda.

No Comments

Post A Comment