For Profesional

Bagaimana Merencanakan Persiapan Diri Dalam Mencari Kerja?

Hey para pencari kerja ada tips menarik untuk kalian tentang sebenarnya apa sih yang harus kalian lakukan dalam mencari pekerjaan? Sumber apa saja yang bisa digunakan untuk mendapatkan informasi kerja. Misalnya media apa saja, apakah dengan cara konvensional melalui surat kabar, atau sesuai trend saat ini via internet; misalnya website penyedia informasi lowongan kerja, via Social Media, dan sebagainya. Mari kita simak ya artikel berikut:

  • Melakukan perencanaan

Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan, jangan melupakan untuk membuat perencanaan yang tepat dalam mencari pekerjaan. Perencanaan ini cukup penting untuk bisa melakukan klasifikasi minat kerja kamu. Mana yang dream job dan mana yang reality. Perhatikan antara background pendidikan, keahlian, pengalaman, dan minat kamu. Mengapa begitu, karena sangat memungkinkan akan berbeda hal-hal yang harus diperhatikan tadi. Hal tersebut biasanya membuat kamu jadi bimbang dengan pilihan-pilihan yang ada. Dalam perencanaan ini cobalah untuk mengenali lebih dalam mengenai diri kamu sehingga kamu tidak salah dalam mengambil keputusan. Bekali diri kamu betul-betul dari apa yang kamu dapatkan saat kuliah dahulu (bagi yang baru lulus) dan pengalaman yang pernah kamu lakukan bagi yang sudah pernah bekerja sebelumnya. Sebagai tambahan juga, apa saja keahlian kamu yang menjadi potensi diri sebagai nilai tambah diri kamu.

  • Persiapkan Persyaratan Umum Melamar Kerja

Nah setelah kita tahu tujuan dan keinginan secara jelas dan terperinci maka persiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk mencari pekerjaan. Apa saja itu? Ya benar, surat lamaran dan CV atau biodata pribadi. Klasifikasikan surat lamaran kamu sesuai bidang industri yang kamu pilih atau sesuaikan dengan pilihan posisi apa yang kamu pilih. Because it’s matters guys, kenapa siy? Karena hal ini menjadi ajang kesempatan kamu mempromosikan siapa kamu dan keahlian apa yang kamu miliki. Gunakan kalimat-kalimat singkat dan jelas supaya mudah dipahami oleh pembaca. Berlaku jujurlah dengan apa yang kita tuliskan, ini juga penting dalam menulis lamaran dan CV. Sebaik-baiknya kita menuliskan apa yang memang menjadi pengalaman dan keahlian kita.

  • Gunakan Media Cetak dan Media Elektronik

Setelah melakukan perencanaan maka persiapkan juga kemana kita harus melamar pekerjaan. Saat ini banyak sekali media-media yang bisa digunakan untuk mencari kerja. Kita bisa melihat lowongan kerja melalui media cetak seperti di Koran, bisa juga menggunakan situs pencari kerja yang beragam macamnya dan pastikan bahwa kamu telah mengisi kolom-kolomnya secara lengkap, dan selain itu juga bisa menggunakan social media untuk para profesional. Dari media-media ini kamu bisa mendapatkan informasi tentang berbagai lowongan dari perusahaan-perusahaan maupun organisasi-organisasi yang sedang mencari tenaga kerja.

  • Pastikan Kesesuaian Kualifikasi

Dalam melihat sebuah lowongan kita harus jeli dalam melihat kualifikasi yang diinginkan oleh perusahaan karena jika tidak maka kesempatan kita bisa sia-sia, lebih baik kita mempergunakan untuk kualifikasi yang kita mumpuni. Misalnya saja, dibutuhkan tenaga ahli berpengalaman 3 (tiga) tahun dengan kemampuan Bahasa Inggris aktif dalam bebicara dan menulis maka kemungkinan besar perusahaan tersebut akan banyak berhubungan dengan tenaga asing atau korespodensi yang dilakukan perusahaan membutuhkan Bahasa Inggris yang mahir. Namun, kita tidak aktif berbahasa Inggris maka kemungkinan besar kita tidak akan terpilih. Maka, pertimbangkan kembali setelah membaca dengan cermat kualifikasi yang diinginkan perusahaan, apakah kita sesuai atau tidak supaya usaha yang kita lakukan bisa maksimal.

Dalam mencari pekerjaan tujuan kita pertama adalah peluang interview kerja sehingga perhatikanlah bagaimana kita mempresentasikan diri kita dalam tulisan sebelum bisa mencapai tatap muka pada waktu interview.

1Comment

Post A Comment