For Profesional

Anda Ibu Bekerja yang Super Sibuk? Lakukan Kelima Cara Cerdas Ini Untuk Mengatur Waktu

Mulai dari memasak, mengasuh buah hati, mempersiapkan makanan untuk keluarga, berbelanja keprluan keluarga, meghadiri pertemuan orang tua di sekolah, membantu anak mengerjakan PR sampai bermain dengan anak. Jika anda seorang ibu bekerja disamping ibu rumah tangga, tentu banyak sekali yang harus anda lakukan. Terlepas dari tugas anda dirumah, anda juga harus menjaga komitemen anda terhadap tugas – tugas anda di tempat bekerja. Tidak heran jikan banyak orang yang mengatakan bahwa menjadi seorang ibu bekerja adalah sebuah kehiduapan yang super sibuk.  Jika anda tidak panda – pandai mengatur waktu maka sudah pasti anda akan keteteran. Pada akhirnya anda tidak dapat menyelsaikan semua tugas dan tanggung jawab anda.

Tapi tenang saja. Dalam artikel ini anda akan menemukan lima cara cerdas untuk mengatur watu bagi ibu bekerja. Berkut ini adalah kelima cara untuk mengatur waktu bagi ibu bekerja:

  1. Rencanakan dengan baik

Jangan berpikir Anda tidak punya waktu untuk melakukan perencanaan karena Anda sudah terlalu capek bekerja. Percaya atau tidak, perencanaan yang cermat membantu Anda menyelesaikan tugas-tugas Anda tepat waktu dengan stres minimal. Anda dapat membuat daftar prioritas penting, prioritas menengah, dan prioritas yang tidak terlalu penting. Ini akan membantu Anda menyelesaikan tugas-tugas Anda secara efektif dan fokus hanya pada orang-orang yang Anda pentingkan. Saat akhir pekan, kerjakan tugas-tugas seperti memotong sayuran kemudian menyimpannya dalam wadah kedap udara, menyetrika pakaian, membeli bahan makanan dan pergi ke laundry. Anda dapat merencanakan menu mingguan selama akhir pekan, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang makanan apa yang harus dipersiapkan setiap hari.

  1. Hindari menunda-nunda tugas

Satu hal yang jangan pernah Anda lakukan adalah, kebiasaan menunda tugas-tugas harian Anda. Membersihkan, mencuci, atau kegiatan lain yang Anda lakukan setiap hari harus dilakukan tanpa penundaan, atau itu akan menambah beban stres Anda hari berikutnya.

  1. Persiapkan malam sebelumnya

Pagi hari adalah kepanikan bagi seorang ibu yang bekerja, karena dia harus mempersiapkan segala urusan rumah atau persiapan ke kantor. Ini tidak akan terjadi jika beberapa hal untuk pagi hari bisa dilakukan malam sebelumnya. Menyiapkan pakaian untuk besok pagi, menemani anak-anak mengerjakan pekerjaan rumah, membersihkan semua peralatan yang diperlukan untuk besok, jadi semua tugas bisa Anda selesaikan lebih awal. Meletakkan hal-hal yang sering Anda lupakan seperti kunci, dompet, atau ponsel di tempat yang sama setiap hari.

  1. Libatkan anak-anak dan suami Anda

Untuk meringankan beberapa pekerjaan rumah Anda, mintalah suami Anda terlibat. Memintanya mengerjakan beberapa tugas seperti membantu anak-anak belajar, menyiapkan tempat tidur atau membantu Anda mempersiapkan makan malam. Anak-anak juga dapat diberikan beberapa tanggung jawab kecil seperti menyiapkan buku-buku pelajaran atau baju untuk dipakai besok, membantu adik-adiknya, berdandan sendiri dan mengepak keperluan mereka sendiri. Ini akan membantu mereka menjadi cerdas dan memberi mereka pelajaran tanggung jawab sedini mungkin.

  1. Nikmatilah pekerjaan Anda

Ini akan menjadi pekerjaan yang sangat melelahkan mengingat Anda harus fokus bekerja di tempat kerja dan juga rumah. Jadi, supaya Anda bisa bersantai dan sedikit menikmati pekerjaan Anda, coba mainkan beberapa musik yang membuat Anda rileks. Sehingga seluruh pekerjaan menjadi menyenangkan. Hal seperti ini mungkin terdengar konyol bagi sebagian orang, tapi tidak ada salahnya mencoba.

Itulah lima cara pintar yang dapat anda terapkan sebagai ibu bekerja. Diharapkan dengan mampu mengatur waktu dengan baik. Anda dapat menyelsaikan seluruh tugas anda dengan sebagai ibu bekerja dengan baik. Jika anda memiliki masalah seputar karir atau HR, anda dapat mengkonsultasikan masalah tersebut dengan Hitss.co.id. Para ahli di Hitss.co.id siap meberikan solusi bagi seluruh masalah HR dan karir anda.

 

No Comments

Post A Comment