For Profesional

7 Cara Membuat Kesan Pertama yang Menakjubkan Dalam 2 Detik

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang akan memutuskan apakah mereka ingin bekerja sama dengan Anda hanya dalam waktu dua detik ketika bertemu muka dengan Anda.

Anda perlu memastikan bahwa kedua detik itu benar-benar berarti. Yaitu dengan cara mempersiapkan segala sesuatunya sebelum bertemu.

7 cara berikut dapat membantu Anda mempersiapkannya.

  1. Tetap Fit.

Tingkat energi Anda tergantung pada tingkat kesehatan Anda secara keseluruhan. Jika Anda mudah lelah, yakinlah Anda akan terlihat lelah – terutama di bawah tekanan pertemuan pertama. Dan jika Anda terlihat lelah, orang lain akan membuat keputusan cepat bahwa Anda terlalu lelah untuk menyelesaikan pekerjaan.

Ini tidak berarti bahwa Anda harus fit dan energik bagai artis Hollywood. Tetapi Anda harus cukup fit untuk terlihat waspada, cakap, dan tertarik.

 

  1. Penelitian Budaya

Industri yang berbeda memiliki norma yang berbeda tentang apa yang tepat dalam hal penampilan pribadi dan perilaku pertemuan. Misalnya, mengenakan setelan Jas ke pertemuan dengan programmer hanyalah mengundang cemoohan diam-diam. Demikian pula, berbagai wilayah negara (atau dunia, dalam hal ini) memiliki norma yang berbeda. misalnya, Wanita yang mengenakan pakaian yang sedikit seksi dapat mengirimkan pesan yang salah kepada manajer dari Timur Tengah. Cari tahu apa yang diharapkan sebelum Anda bertemu.

 

  1. Kirim Sinyal Yang Jelas

Semiotika Anda adalah sinyal bahwa penampilan Anda segera berkomunikasi dengan orang lain. Orang membuat penilaian cepat berdasarkan pakaian, aksesori, dan banyak lagi: jam tangan, perhiasan, tas kerja, tata rias wajah, warna kulit, ekspresi wajah, dan sebagainya.

Sejauh itu praktis, pastikan Anda secara sadar menciptakan satu set sinyal visual yang paling mungkin untuk berkomunikasi bahwa Anda adalah tipe orang yang tepat untuk bekerjasama dengannya.

 

  1. Ciptakan Salam Terbaik

Ada tiga bagian untuk ucapan Anda: senyum Anda, kata-kata Anda, dan jabat tangan Anda (atau membugkuk, di beberapa bagian dunia). Ini bervariasi sesuai dengan situasi.

Riset adalah kuncinya: Sebagai contoh, beberapa budaya memandang gigi menyeringai sebagai vulgar. Kata-kata Anda harus formal (atau informal). Berjabat tangan umumnya harus keras atau lemas. (atau membungkuk sangat spesifik dengan situasi.

 

  1. Kenali Agenda Anda

Sebagian besar kesan pertama bergantung pada apakah Anda terlihat percaya diri dan apa yang Anda tawarkan. Orang yg anda temui akan merasa Anda siap untuk pertemuan berikutnya atau berencana untuk bertemu kembali.

Itulah mengapa penting untuk mengetahui apa yang ingin Anda capai pada setiap pertemuan. Menjadi benar-benar siap menciptakan ketenangan membuat Anda kredibel dan dapat diandalkan.

 

  1. Melatih cara anda bertemu

Sekarang setelah Anda mengumpulkan semua bagian, lakukan gladi resik bagaimana Anda akan memasuki ruangan – atau, jika orang yang Anda temui masuk, bagaimana Anda akan berdiri dan menyampaikan salam Anda. Latihlah sehingga semuanya menjadi kebiasaan, bukan hanya menghafal. Jika memungkinkan, berlatihlah dengan rekan dan dapatkan umpan balik.

 

  1. Ukur dan Sesuaikan

Karena kesan pertama sangat penting bagi kesuksesan, Anda harus melacak hasil upaya Anda. Setelah setiap pertemuan awal, catat tanggapan orang-orang yang baru saja Anda temui. Perhatikan ekspresi wajah, pernyataan, dan perilaku selanjutnya.

Jika pertemuan itu juga termasuk rekan yang dipercaya, mintalah umpan balik. Apakah kesan pertama yang Anda buat membantu atau menghalangi? Di mana ada ruang untuk perbaikan?

Sudah sampai mana persiapan perencanaan berkesan Anda? Jika masih mengalami kesulitan anda dapat ber- konsultasi kepada kami dengan Hitss.co.id. Karena di Hitss.co.id anda dapat menemukan segala solusi masalah human resources dan karir anda.

 

No Comments

Post A Comment