For Profesional

5 Langkah Efektif Memilih HR Software Sesuai Perusahaan Anda

Human Resources Information System (HRIS) merupakan software yang tepat dan akan menghemat banyak waktu Anda para personalia, apalagi HRIS yang didukung otomatisasi dalam sistem reporting. Menemukan software HRIS yang tepat untuk meningkatkan kinerja perusahaan merupakan tahap penting untuk melaksanakan nya.

Berikut,  5 langkah sangat tepat untuk mengetauhi dan memilih HRIS software yang mampu menunjang kebutuhan perusahaan Anda:

Tentukan kebutuhan perusahaan, termasuk batas dan kemampuan budget

Nah, Poin terpenting dalam tahap ini adalah ‘kenali perusahaan Anda.’ Tentunya, semakin Anda memahami perusahaan Anda, seperti kebutuhan saat ini, laju pertumbuhan, juga rencana strategis, semakin mudah Anda menemukan software yang tepat. Diskusikan dengan Tim HR dan Tim Manajemen Anda untuk menyusun kebutuhan software HRIS sesuai skala prioritas. Kebutuhan yang tidak dapat ditawar biasanya meliputi budget, kompatibilitas dengan software yang sudah digunakan, dan lain-lainnya. Jika Tim Anda belum memahami software  HRIS sebaik nya, adakan terlebih dahulu training HRIS, agar memudahkan tim anda dalam menyusun kebutuhan akan software HRIS yang akan di gunakan. Yang perlu di ingat adalah Anda harus tetap realistis terhadap kebutuhan dan budget.

Pelajari paket-paket yang tersedia di pasaran dan sesuai budget

Berikutnya mencari tahu paket apa saja yang tersedia di pasaran. mulai dengan membaca artikel-artikel seputar software HRIS untuk mencari tahu topik yang sedang hangat diperbincangkan dan mencari tahu produk HRIS mana saja yang mendukung hal tersebut. Setelah menyusun daftar produk software HRIS yang potensial, mulai hubungi perusahaan-perusahaan yang memproduksinya dan meminta demo. Pelajari kemampuan model software HRIS masing-masing produk.

Coba software (trial)

Mencoba produk software HRIS mungkin adalah langkah terpenting dari keseluruhan proses. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pada HRIS di antaranya kemudahan penggunaan dan data entry, performa, fleksibilitas dan sistem reporting. Jika perusahaan Anda merupakan perusahaan yang sedang berkembang, fleksibilitas merupakan poin utama  yang sangat penting. Pelajari sejauh mana produk HRIS yang akan Anda gunakan mampu atau akan berkembang dan mendukung kebutuhan HR Anda. Susun checklist yang berisi daftar harga, user-interface, fitur unik HRIS yang tidak dimiliki produk lain, kualitas pendukung teknis, modul, upgrade, dan lain sebagainya.

Ajukan pertanyaan tentang paket HRIS, Tim Support, langkah implementasi, harga

Verifikasi temuan-temuan Anda dengan mengomunikasikannya dengan pihak perusahaan, terutama yang berhubungan langsung dengan tahap implementasi (penerapan). Langkah ini akan membantu Anda menggali jauh lebih dalam tentang software yang akan Anda gunakan, juga memberi pandangan ke depan saat persiapan implementasi. Cari tahu juga Tim Technical Support atau Help Desk yang akan membantu Anda dalam proses penggunaan software HRIS yang akan di gunakan di kemudian hari. Ada produk yang sudah satu paket dengan technical support, ada produk yang memerlukan biaya tambahan. Ada juga produk yang memberikan on-site support saat implementasi, sampai training

 Buat keputusan memilih HRIS

Setelah melakukan semua langkah di atas, ini saatnya Anda membuat keputusan memilih HRIS yang tepat, dan akan mendongkrak kinerja HR dalam perusahaan atau instansi Anda. Jika keempat langkah sudah Anda lakukan dengan baik dan sempurna, langkah terakhir ini tetntu akan menjadi lebih mudah.

 

Bagaimana mudah bukan? Jika anda masih ragu dan ingin mengetahui lebih mengenai HR anda bisa berkonsultasi dengan Tim kami di Hitss.co.id. Karena di Hitss.co.id anda dapat menemukan segala solusi masalah human resources dan karir anda.Karena di Hitss.co.id anda dapat menemukan segala solusi masalah human resources dan karir anda.

No Comments

Post A Comment