For Profesional

6 Cara Untuk Beradaptasi Dengan Budaya Perusahaan di Pekerjaan Baru

Memiliki pekerjaan yang diimpikan, dengan dukungan lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif menjadi dambaan setiap karyawan. Masa bekerja menjadi lebih menyenangkan kalau dihabiskan untuk berdedikasi pada pekerjaan yang kita senangi. Namun sayangnya tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan seperti itu.

Kondisi tempat kerja atau hal lainnya yang tidak mendukung karir kita seringkali membuat kita memutuskan untuk pindah ke pekerjaan baru.

Lingkungan di pekerjaan baru memiliki tantangan bagi kita untuk melakukan adaptasi secara cepat dan efektif. Karena di perusahaan baru pasti memiliki kebudayaan yang berbeda dibanding perusahaan lama anda. Sehingga anda dituntut untuk memiliki manner yang tetap agar dapat “diterima.”

Cara-cara apa saja yang bisa membantu kita untuk segera beradaptasi dengan budaya di pekerjaan baru anda?

  1. Belajar Menaati Budaya Perusahaan dan Etos Kerja

Ketika kita mulai menjalankan pekerjaan baru, hal pertama yang harus kita lakukan adalah menaati budaya di perusahaan baru tersebut. Jangan sampai posisi kita sebagai “anak baru” menjadi alasan untuk melanggar budaya di perusahaan.

Jika perusahaan baru tempat kita bekerja memiliki kebiasaan mengenakan seragam, bersikaplah untuk aktif dan menanyakan ketersediaan seragam tersebut untuk kita. Demikian pula halnya dengan budaya lain seperti peraturan saat meeting atau peraturan batas absen serta perihal keterlambatan.

  1. Mempelajari Tugas

Tugas dan pekerjaanmu di tempat kerja yang baru pasti berbeda dengan tugas di tempat kerja yang lama. Itulah mengapa kamu harus mempelajari setiap tugas-tugas dan bagian pekerjaanmu dengan seksama. Kita bisa bertanya pada atasan atau rekan kerja mengenai rincian jobdesk yang belum kita pahami. Akan lebih baik lagi jika kita memahami prosedur evaluasi yang akan dilakukan untuk menilai kinerja kita.

  1. Bersikap Terbuka dengan Wajar

Pada tahap-tahap awal menjalankan pekerjaan baru, kita harus bersikap terbuka dengan wajar. Jangan segan untuk melempar senyum pada orang-orang atau rekan baru yang belum kita kenal.

Sikap yang hangat dan keramahan yang sewajarnya akan membuat rekan kerja, atasan atau orang lain di lingkungan kerja yang baru akan semakin respect terhadap keberadaan kita. Sikap seperti ini bahkan sebaiknya kita pertahankan setiap hari demi menjalin hubungan yang baik dengan semua orang di lingkungan kerja.

  1. Jangan Ikut Campur Terlalu Jauh

Perbincangan ringan mengenai situasi kantor seringkali menggoda kita untuk ikut berbincang dan memberikan tanggapan. Padahal hal seperti ini sama sekali tidak dibutuhkan. Sebagai pekerja baru kita memang perlu mengetahui kondisi lingkungan kerja, tapi hal tersebut sebaiknya tidak membuat kita ikut campur terlalu jauh dengan urusan yang bukan wewenang kita.

  1. Minta Penilaian

Penilaian terhadap performa dan produktivitas pekerja biasanya dilakukan dalam kurun waktu beberapa bulan sekali. Tapi sebagai pekerja baru, tidak ada ruginya kalau kita meminta penilaian dan evaluasi dari pihak atasan. Penilaian dan evaluasi tersebut akan memberikan solusi bagi kita untuk menjalankan pekerjaan secara lebih baik lagi. Diskusikan mengenai bagian-bagian pekerjaan kita yang harus diperbaiki dan kita pun bisa meminta saran dari atasan bila kondisinya memungkinkan.

  1. Jangan Malu Bertanya

Banyak orang yang berpikiran kalau bertanya di lingkungan kerja yang baru akan memberikan kesan kalau kita adalah pribadi yang bodoh.

Padahal justru sebaliknya, bertanya dengan sopan bisa membuat kita terhindar dari masalah pekerjaan yang sedang dihadapi. Kita bisa memutuskan untuk bertanya pada rekan dalam 1 tim, supervisor atau pihak atasan lainnya ketika sedang menemukan masalah dalam menyelesaikan pekerjaan.

Jawaban yang diberikan atas pertanyaan kita tentu harus kita simak dengan baik supaya bisa menjadi bahan pembelajaran di lingkungan kerja yang baru.

Nah itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan agar kamu dapat segera dapat beradapatsi dengan dengan budaya perusahaan kamu yang baru.

Memiliki masalah HR lainnya ketika di pekerjaan baru?  

Anda dapat mengkonsultasikan masalah HR anda dengan Hitss.co.id, bersama para ahli dibidang Konsultasi HR, kami akan membantu Anda memberikan solusi yang tepat bagi anda dalam mencari pekerjaan baru atau beradaptasi di pekerjaan baru.

 

No Comments

Post A Comment