For Profesional

Manfaat Kesehatan Keselamatan Kerja Untuk Perusahaan dan Karyawan

Kesehatan keselamatan kerja adalah suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmaniah maupun rohaniah tenaga kerja pada khususnya, dan manusia pada umumnya, hasil karya dan budaya untuk menuju masyarakat adil dan makmur.

Kesehatan keselamatan kerja atau biasanya disebut dengan K3, sangat penting untuk diterapkan dalam suatu perusahaan. Dengan adanya kondisi kesehatan dan keselamatan kerja yang diuntungkan bukan hanya karyawan, namun perusahaan juga akan merasakan manfaatnya.




Manfaat kesehatan keselamatan kerja bagi karyawan adalah karyawan merasa kesehatan dan keselamatan kerja mereka terkamin, terhindar dari ancaman kesedatan keselamatan yang berasal dari pekrjaan serta lingkungan kerja dan karyawan merasa aman selama bekerja.

Kemudian dari sisi perusahaan juga mendapat keuntungan dari adanya kesehatan keselamatan kerja. Keuntungan yang didapat oleh perusahaan adalah proses pekerjaan berjalan seefektif mungkin, fasilitas produksi perlatan kantor terpelihara, meningkatkan motivasi kerja karyawan, dan meningkatkan efektifas karyawan dalam bekerja.

Lingkungan kerja dan Pemakaian Alat kerja

Setelah mengetahui pentingnya kesehatan keselamatan kerja, baik bagi karyawan dan perusahaan. Lalu bagaimana caranya untuk menciptakan kesehatan keselamat kerja dalam suatu perusahaan?

Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai hal-hal yang perlu dilakukan untuk menciptakan kesehatan keselamatan kerja dalam suatu perusahaan. Secara umum hal yang perlu dilakukan akan dibagi menjadi dua kategori.

Kategori yang pertama meliputi keadaan lingkungan kerja. Sedangkan kategori yang kedua meliputi pemakaian alat kerja.

Untuk kategori yang pertama meliputi kedaan lingkungan kerja, secara umum dapat dibagi menjadi tiga poin penting. Ketiga poin tersebut adalah:

  1. Penyusunan dan penyimpanan barang-barang yang berbahaya yang kurang diperhitungkan keamanannya.
  2. Membenahi ruang kerja yang penuh dan sesak. Ciptakanlah sebuah ruang kerja yang nyaman, bersih, ringkas dan rapi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kenyaman dan keefektifitasan karyawan saat bekerja.
  3. Pembuangan kotoran dan limbah yang tidak pada tempatnya. Usahakan lah untuk selalu membuang limbah hasil produksi perusahaan sesuai dengan peraturan yang berlaku hal ini bertujuan untuk menciptakan sebuah lingkungan kerja yang sehat.

Sedangkan untuk kategori yang kedua dalam upaya menciptakan kesehatan keselamatan kerja yang kedua pemakaian alat kerja. Secara umum kategori kedua ini dapat dibagi menjadi dua poin penting. Kedua poin tersebut adalah:

  • Pengaman peralatan kerja yang sudah usang atau rusak. Jangan memaksakan untuk melanjutkan produksi bila sudah diketahui jika ada dalah satu alat produksi anda yang rusak. Karena jika dipaksakan dapat mebahayan keselamatan karyawan. Selain itu tentu saja alat produksi yang sudah rusak atau mengalami gangguan tentu tidak dapat menghasilkan produk yang sesuai dengan standar kualitas.
  • Penggunaan mesin, alat elektronik tanpa pengaman yang baik serta pengaturan penerangan.

Nah itulah hal-hal yang perlu dilakukan untuk menciptakan kesehatan keselamatan kerja dalam suatu perusahaan. Sebenarnya masih banyak lagi hal hal yang dapat dilakukan untuk menciptakan kesehatan keselamatan kerja tergantung dari kegiatan perusahaan yang berbeda-beda.

Jika anda ingin perusahaan anda memiliki people management yang dapat membuat karyawan anda lebih produktif, anda dapat menggunakan jasa Hitss.co.id. yang menyediakan jasa people management yang dapa membuat karyawan anda bekerja sampai batas maksimal dari kompetensi mereka.

No Comments

Post A Reply to Anonymous Cancel Reply