For Profesional

Selamat menjadi karyawan baru! Lalu Apa yang harus dilakukan pada hari pertama bekerja? [BAG 1]

Sebenarnya apa sih yang harus kita lakukan di hari pertama kerja?

Hal apa aja sih yang biasanya terjadi dan dilakukan oleh suatu perusahaan pada karyawan barunya. Banyak pekerja baru terutama yang fresh graduates merasa minder atau tidak percaya diri karenanya.

Eits..Tapi jangan takut, mari kita bahas hal-hal yang mungkin bisa menjadi gambaran kecil bagi kamu yang baru pertama kali masuk kerja dan kita mulai dengan persiapan dari rumah hingga sampai di tempat kerja:

  • Berpakaianlah yang Rapih

Sebelum masuk kerja ada baiknya kita tanyakan kepada bagian HR atau juga dapat dilakukan pada saat interview mengenai bagaimana budaya berpakaian di tempat kerja.

Biasanya, hal ini tergantung dengan jenis industri misalnya saja; dalam industri jasa periklanan, karyawan diperbolehkan berpakaian casual. Tidak perlu harus menggunakan kemeja dan celana bahan, yang penting sopan.

Ada juga perusahaan yang mengharuskan kita menggunakan seragam misalnya di industri media TV. Istilahnya, agar kita tidak “saltum” atau salah kostum bertanyalah kesesuaian pakaian yang akan kita pakai dengan budaya perusahaan tempat kita akan bekerja. Karena jika kita sudah salah pilih pakaian, dengan sendirinya akan menurunkan kepercayaan diri kita di hari pertama kerja.

  •         Datang Tepat Waktu

Budayakan untuk selalu datang tepat waktu, selain merupakan tuntutan pekerjaan juga merupakan sikap seorang profesional. Hal ini juga menjadikan kamu dipandang sebagai orang yang dapat diandalkan.

Dibutuhkan kesadaran penuh bahwa kita wajib mengusahakan agar datang tepat waktu pada hari pertama bekerja. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa jika kita bekerja di wilayah metropolitan maka kita harus bisa memperhitungkan antara jarak dan waktu tempuh agar tepat waktu.

Dan, tetaplah berusaha untuk selalu tepat waktu untuk menjaga kesan baik kita dimata atasan dan rekan-rekan kerja yang membuat kita tampil sebagai sosok yang konsisten.        

  • Banyak Mencatat

Kita perlu banyak mencatat pada hari pertama, karena biasanya diwaktu ini kita akan diberikan arahan dan waktu bertanya maka manfaatkan waktu ini sebaik-baiknya.

Gunakanlah cara bertanya yang santun lalu catat. Jangan juga kita bertanya hal-hal yang kurang kurang berbobot dan lihat kepada siapa kita bertanya, misalnya saja jika kita bertanya kepada atasan kita langsung sebaiknya bertanya lebih kepada apa yang menjadi tanggung jawab dan tugas kita;

sewaktu kita bertanya kepada HR maka bertanyalah seputar hak-hak kita sebagai karyawan dan gambaran umum tentang perusahaan atau struktur organisasi; dan jika kita bertanya tentang letak ruang kantor dan arahnya, kita bisa bertanya kepada resepsionis.

Lalu catatlah, hal ini adalah upaya untuk mengingat apa-apa saja yang akan kita lakukan ke depannya.

Catatlah hal-hal yang penting untuk diingat, misalnya nama atasan-atasan yang akan berkaitan langsung dan tidak langsung dengan kita nantinya.

Apabila pekerjaan kita adalah bagian dari handover maka mencatat adalah hal yang wajib dilakukan. Sebagai upaya agar handover tersebut menjadi lancar dan menghindari kebingungan atau clueless kedepannya.

  •         Jangan Malu untuk Berbaur

Terkadang kita masih sering sungkan untuk berbaur di hari pertama bekerja namun sebaiknya kita perlu membuka diri untuk bergaul dengan rekan-rekan kerja kita. Jika kita diajak makan siang bersama ada baiknya kita ikut sambil mengamati bagaimana budaya pertemanan di lingkup perusahaan yang kita bekerja.

Yang perlu diperhatikan dalam bergaul adalah jangan bersikap berlebihan misalnya tertawa terbahak-bahak atau terlalu banyak bertanya hal-hal yang nantinya akan terjawab dengan proses selama kita bekerja atau bisa dikatakan dalam bahasa sekarang kepo.   

Inilah hal-hal yang patut diperhatikan pada saat hari pertama bekerja dan sekarang kita bahas sedikit tentang apa-apa saja yang biasanya terjadi bagi karyawan baru.

Di kebanyakan perusahaan, karyawan baru selalu bermula dari ruangan personalia atau HR, disini biasanya kita akan melakukan tanda tangan kontrak kerja karyawan, diberikan peraturan perusahaan untuk ditandatangani dan perkenalan atau orientation mengenai perusahaan.

Hari perkenalan ini cukup penting, biasanya kita akan dijelaskan mengenai company profile dan struktur organisasi baik oleh pihak HR atau dari atasan kita. Hal ini akan membantu kita untuk lebih mengenal perusahaan.

Setelah itu biasanya salah satu staff HR akan mendampingi kamu untuk berkeliling berkenalan dengan karyawan-karyawan lain.

Bersiaplah, jangan terlalu kaku dan banyak tersenyum kemudian jangan lupa berjabat tangan (jika memungkinkan) atau menyapalah, menyebutkan nama dan eye contact. Ini dilakukan untuk kesantunan di khalayak umum.

Pada intinya jangan terlalu memperlihatkan kalau kita sedang gugup, kendalikan diri dalam menghadapi hari pertama bekerja.

Tersenyumlah, karena banyak tersenyum akan membangun keakraban dengan orang lain, dan merefleksikan semangat diri kita dalam menghadapi dunia kerja. Kita perlu memperlihatkan antusiasme bekerja di hari pertama karena ini akan membangun citra diri bahwa kita adalah orang yang memiliki kemauan kerja.

Punya pertanyaan seputar HR atau Karir? Silahkan konsultasikan langsung ke hitss.co.id atau dengan menghubungi telepon +62 21 2912 4817. HITSS siap memberikan solusi!

No Comments

Post A Comment